Minggu, 19 Februari 2017

Alat Peraga Membuat Matematika Lebih Asyik



Pada perkuliahan semester 4 salah satu mata kuliah yang saya tempu ialah mata kuliah media pembelajaran matematika. Pada perkuliahan media pembelajaran matematika ini saya dibekali cara membagikan ilmu matematika secara menyenangkan dengan bantuan alat peraga.
Alat peraga bisa menjadi daya tarik dalam pembelajaran matematika. Alat peraga merupakan media yang dapat mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran matemetika. Alat peraga dapat membantu guru dalam menjelaskan dan mempermudah siswa untuk mengerti beberapa materi dalam pembelajaran matematika dan menjadikan pelajaran matematika tidak membosankan karena dengan alat peraga kita  bisa belajar sambil bermain, materi-materi yang cukup abstrak dijelaskan dengan alat peraga akan lebih mudah diterima. Pada perkuliahaan ini selain menggunakan alat peraga, saya juga diajarkan cara membuat alat peraga sebagai media pembelajaran matematika serta menjelaskankan cara penggunaannya.
Ketika saya sekolah di jenjang SD, SMP dan SMA alat peraga yang paling sering digunakan guru saya pada saat mengajar ialah karton bangun datar, kerangka bangun ruang untuk menejelaskan materi tentang bangun datar, bangun ruang.
Contoh :

Sumber gambar: http://www.jiah.my.id/2011/09/mana-ku-tahu.html


Sumber gambar: http://www.kompasiana.com/lisna_wati66/ 
 
Materi pada matematika yang mudah diterangkan dengan menggunakan alat peraga yaitu materi tentang simetri lipat dan simetri putar bangun datar.
Contoh alat peraga :


Sumber gambar: http://godam44.blogspot.co.id/2015/11/alat-peraga-mencari-simetri-putar.html 

Selain alat peraga ada pula media lain yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu media komputer. Saat ini saya menempuh mata kuliah baru ialah media komputer dalam pembelajaran matematika. Adapun media komputer pembelajaran matematika yang pernah saya buat ialah Power Point. Harapan saya  pada mata kuliah yang baru ini semoga bisa memiliki wawasan lebih banyak lagi tentang berbagai media pembelajaran matematika dengan teknologi yang semakin canggih saat ini kiranya saya mampu memanfaatkan teknologi itu dengan baik dan dengan media komputer saya mampu menjadi guru matematika yang cerdas dan kreatif dalam mengajar.

tugas 1 Media Komputer
Oleh : Novi Hariyanti (141414088)
Pendidikan Matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar